Exemple

Minggu, 9 November 2014, Sahabat Kapas membersamai Forum Anak Kecamatan Serengan untuk menyelenggarakan TOT Pendidik Sebaya untuk Sosialisasi Sekolah Ramah Anak (SRA). Dipandu oleh Kak Erry Pratama Putra dari ProChild Community, para peserta perwakilan anak di wilayah Kecamatan Serengan berkumpul dan belajar bersama tentang peran penting mereka sebagai calon pendidik sebaya.

10516883_981032111910371_3854749666364635934_nDibuka dengan perkenalan Forum Anak Kecamatan Serengan, acara dilanjutkan dengan para peserta yang saling berkenalan dan latihan untuk mengenali diri mereka secara lebih dekat melalui ungkapan tertulis. Anak-anak tampak tersenyum malu saat berinteraksi untuk pertama kalinya dengan peserta lain dalam game perkenalan.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan diskusi yang intensif dan dinamis. Peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan masing-masing kelompok mempunyai bahan diskusi dan presentasi yang berbeda-beda seputar remaja, kekerasan dan sekolah. Fasilitator dari Sahabat Kapas mendampingi kelompok peserta dan membantu dinamisasi forum. Selama kurang lebih satu jam, anak-anak terlibat dalam dua kali diskusi yang aktif dan menyenangkan. Mereka menuangkan banyak ide dan membuat presentasi dengan peralatan dan media yang telah disediakan. Sesi diskusi ini berlangsung menarik dengan partisipasi dari Ibu Nina yang merupakan guru sekaligus penyuluh SRA dan sepasang Putra Putri Solo tahun 2014. Bertiga, mereka bergabung dengan kelompok peserta yang berbeda-beda. Partisipasi ketiga tamu spesial ini penting bukan hanya untuk memberikan perspektif SRA kepada anak-anak saja, melainkan juga memberikan wawasan dan menarik atensi dari masyarakat yang lebih luas tentang isu perkembangan anak dan remaja. Setelah sesi diskusi berakhir, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di hadapan semua peserta.

Salah satu peserta mempresentasikan sekolah ramah anak (SRA) impian kelompok diskusinya.

Salah satu peserta mempresentasikan sekolah ramah anak (SRA) impian kelompok diskusinya.

Setelah purna, Kak Erry kemudian memandu anak-anak dalam melakukan refleksi tentang diskusi dan kegiatan selama setengah hari tersebut. Kak Erry menekankan betapa pentingnya aksi nyata yang bisa dilakukan anak- anak peserta dalam kegiatan sehari- hari di sekolah. Sambil memberikan kertas kosong, peserta diminta untuk menuliskan kontribusi apa yang bisa mereka lakukan sekembalinya mereka ke sekolah. Berbagai macam jawaban muncul dan membuat semua peserta maupun fasilitator semakin tergerak untuk ikut dalam menyukseskan sebuah konsep SRA.

Menjelang penghujung acara, Dra. Islamtini, ibu camat dari Kecamatan Serengan datang dan menyapa para peserta sambil memberikan wejangan khas, baik sebagai seorang ibu maupun sebagai pemimpin. Dengan semangat dan determinasi yang kuat, Ibu Islamtini memberikan semangat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua peserta termasuk para penyelenggara karena mau bersama-sama membangun sebuah konsep kebaikan. Para peserta tampak sangat menikmati nasehat-nasehat bijak yang disampaikan dengan lembut dan penuh semangat oleh orang nomer satu di Kecamatan Serengan tersebut. Acara sosialisasi ini ditutup dengan sesi pengambilan foto bersama.

10410292_981033215243594_2177247283221270037_n

Ditulis oleh Evi Baiturohmah (Relawan Sahabat Kapas)

Foto diambil dari facebook Sabahat Kapas : Solidaritas Kapas

Sahabat Kapas adalah organisasi nonpemerintah dan nonprofit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah.