Exemple

“Ndri, nanti kita jemput di kampus ya anterin ke kantor Sahabat Kapas, aku atas nama KAHAM UII mau diskusi sama Sahabat Kapas tapi kita ga apal jalan.”

Sms dari seorang mahasiswa UII tersebut membuat bersemangat. Yeay! Diskusi artinya menambah ilmu baru…

Tanggal 26 November 2014 lalu Sahabat Kapas kedatangan belasan mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), yang tergabung dalam UKM Klinik Advokasi dan Hak Asasi Manusia (KAHAM). Ternyata, teman-teman yang mayoritas berkuliah di Jurusan Hukum di Kota Gudeg ini berasal dari berbagai kota di Indonesia. Bukan hanya dari Pulau Jawa lho, ada juga yang berasal dari Pulau Sumatera dan Kalimantan.

Jam 17.00 WIB teman-teman mahasiswa ini baru tiba di kantor Sahabat Kapas yang homey bersamaan dengan hujan yang sangat lebat. Eits, tapi tak berarti hujan itu menghalangi semangat tim Sahabat Kapas untuk menyambut teman-teman KAHAM ini ya…

Diskusi dimulai setelah teman-teman muslim melakukan sholat maghrib berjamaah. Di dalam diskusi ini pada intinya kami membicarakan tentang: “memenjarakan anak sama dengan pelanggaran HAM”. Teman-teman KAHAM sudah sangat paham tentang apa saja hak yang seharusnya melekat pada diri seseorang. Bahkan, teman-teman KAHAM juga berbagi pengalaman saat mendampingi korban dari pelanggaran HAM, yang menjadi pengetahuan baru bagi tim Sahabat Kapas. Diskusi menjadi lebih menarik ketika Mbak Dian, direktur Sahabat Kapas, menceritakan pelaksanaan pemenuhan hak anak di lapas/rutan yang belum optimal. Hal ini membuat diskusi semakin hidup dengan berbagai tanya jawab yang menarik untuk disimak. Banyak pengetahuan baru yang kami dapatkan.

Pada saat diskusi berlangsung, sederhana tapi bermakna

Pada saat diskusi berlangsung, sederhana tapi bermakna.

Diskusi dilakukan dengan santai, tapi justru itu lah yang membuat suasana jadi tidak canggung. Bahkan, semakin malam suasana semakin asik sampai rasanya tak ingin mengakhiri diskusi hari itu. Namun teman-teman KAHAM harus langsung pulang ke Yogyakarta. Akhirnya, diskusi ditutup dengan ucapan terima kasih serta pemberian kenang-kenangan dari Sahabat Kapas untuk teman-teman KAHAM.

Mbak Dian (kanan) memberikan kenang-kenangan kepada teman-teman KAHAM yang diwakili oleh ketua KAHAM UII.

Mbak Dian (kanan) memberikan kenang-kenangan kepada teman-teman KAHAM yang diwakili oleh ketua KAHAM UII.

Setelah itu kegiatan diakhiri dengan foto bersama…

Teman-taman KAHAM dan Tim Sahabat Kapas

Teman-taman KAHAM dan tim Sahabat Kapas.

Ditulis oleh Dyah Indria Kusuma W. (Relawan Sahabat Kapas)

Foto diambil dari facebook Sahabat Kapas : Solidaritas Kapas

Sahabat Kapas adalah organisasi nonpemerintah dan nonprofit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah.