Exemple

Apa yang Menarik dari #OnjailJuice?

Kami Berkarya Maka Kami Ada

Tagline di atas mewakili semangat tim #ONJAIL yang terdiri dari anak-anak yang sedang ataupun sudah bebas dari Lapas/Rutan/LPKA* (survivor) beserta Sahabat Kapas. Apapun masa lalu yang sudah kita alami bukan kendala untuk melangkah maju dan menghasilkan karya. Semangat tim bersatu menghasilkan ide kreatif dan energi positif yang besar untuk mewujudkan mimpi. Karenanya kami melabeli produk dengan #ONJAIL – Karya untuk Masa Depan.

Penghujung 2015 menjadi spesial karena tercetus ide usaha yang berasal dari salah satu survivor. Kondisi ekonomi keluarga dan tekad bulat untuk bekerja halal mendorongnya memulai usaha dari kecil. Berjualan jus buah adalah pilihannya mengingat trend gaya hidup masyarakat saat ini yang lebih sadar kesehatan.

Tahap awal proses #OnjailJuice adalah magang di penjual jus buah langganan Sahabat Kapas yakni Jus Pelangi di Shelter Manahan, Solo. Magang kerja dilakukan selama 2 minggu. Survivor belajar mulai memilih buah, membersihkan warung, membuat ramuan jus, hingga mengatur keuangan. Mentoring diberikan langsung oleh Mbak Sri dan Mas Lucky, pemilik Jus Pelangi.

Tahap berikutnya yakni mempersiapkan perlengkapan berjualan jus. Mencari desain, ukuran, dan membeli bahan untuk gerobak menjadi keasyikan sendiri. Gerobak jus dibuat spesial dengan bantuan Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Klas IIB Klaten. Survivor juga blusukan ke pasar untuk membeli peralatan pendukung usaha jus.

Tahap ketiga yakni persiapan launching usaha dengan menyusun startegi pemasaran. Tak ingin kalah bersaing dengan produk jus buah yang sudah ada di pasaran, #OnjailJuice berusaha mengutamakan kesegaran produk dan kualitas. Hanya menggunakan buah segar yang dibeli setiap pagi di pasar, memperbanyak jumlah buah dalam segelas jus, menyediakan pillihan gula diet, dan tersedia layanan antar.

Tahap akhir merupakan klimaks setelah melewati proses yang panjang, yakni mulai berjualan jus buah. Klimaks bukan berarti akhir, namun awal tantangan sebenarnya dalam membangun usaha mandiri. Menjaga kualitas produk, meningkatkan omset, bahkan hingga mengembangkan usaha. Semua dapat dicapai jika langkah awal telah dilewati.

Rangkaian tahapan ini dilalui survivor dengan pendampingan intensif dari Sahabat Kapas. Dukungan dari Lapas Klas IIB Klaten pun sangat berarti seperti menyediakan tempat berjualan #OnjailJuice, mengingat lokasi Lapas berada di tengah kota. Tupperware Indonesia juga mendukung kegiatan ini lewat modal usaha. Harapannya #OnjailJuice dapat menjadi sarana survivor untuk berkarya dan mendapatkan penghasilan halal.

Kenapa Kita Membeli #OnjailJuice?

1 Gelas #OnjailJuice = 1 Dukungan untuk Survivor Wujudkan Mimpi

Keberhasilan #OnjailJuice membutuhkan dukungan masyarakat dan pemerintah, karena bukan keuntungan materiil semata yang menjadi tujuan. Peningkatan kepercayaan diri survivor dan meghapus stigma negatif adalah misi yang dibawa. Bahwa survivor punya hak yang sama dengan anak-anak lainnya untuk berkembang dan berkarya di tengah masyarakat.

Pilihan pertama yang banyak diambil survivor ketika pulang adalah bekerja. Selanjutnya baru meneruskan pendidikan non-formal/kejar paket. Realitas tuntutan pemenuhan kebutuhan ekonomi menjadi motivasi mereka. Namun keterbatasaan keterampilan, ijasah sekolah, dan modal, kerap kali mengantarkan mereka ke pekerjaan pertukangan dengan penghasilan yang pas-pasaan.  Rintisan usaha seperti #OnjailJuice menjawab kebutuhan mereka.

100% keuntungan #OnjailJuice menjadi hak survivor. Mereka didampingi untuk mengelola keuangan agar usaha tetap berjalan dan kondisi keuangan survivor dalam kondisi sehat. Menabung setiap hari adalah salah satu ide survivor agar suatu saat dapat mewujudkan mimpinya. Selain itu, bersedekah dari sebagian keuntungan yang diterimanya juga menjadi inisiatif mereka.

#OnjailJuice tidak bisa dipisahkan dari keberadaan #GerobakOnjail. Gerobak yang identik dengan usaha mandiri kaki lima ini menjadi simbol sebuah usaha anak untuk melatih ketekunan dan kerja keras demi mewujudkan kemandirian dan proses hidup berdampingan harmonis di masyarakat. #OnjailJuice tidak akan berhenti hanya dengan satu gerobak. Akan ada gerobak-gerobak usaha #ONJAIL lainnya yang dikelola mandiri oleh survivor. Jadi jangan pernah ragu untuk mendukung usaha #OnjailJuice dengan membeli produknya.

1

Dimana Kita Bisa Mendapatkan #OnjailJuice?

Kalian dapat menikmati kesegaran produk #OnjailJuice di Halaman Parkir Lapas Klas IIB Klaten, Jl. Pemuda No. 206, Klaten, mulai tanggal 15 April 2016. Jam operasional yakni 08.00 – 14.30 WIB, hari Senin – Sabtu. Selain melayani pembelian di tempat, #ONJAIL JUICE juga menyediakan layanan antar dengan menghubungi nomor 085878740450 dengan pemesanan minimal 3 gelas.

Harga yang ditawarkan #OnjailJuice cukup bervariasi yakni Rp 6.000 – 8.000. Pilihan buah yang tersedia seperti alpukat, jeruk, jambu, belimbing, tomat, melon, blewah, strawberi, dsb. Selama masa promosi, ada diskon khusus jika kalian beli dengan jumlah tertentu.

 

Keterangan:

Lapas = Lembaga Pemasyarakatan

Rutan = Rumah Tahanan

LPKA = Lembaga Pembinaan Khusus Anak

 

Ditulis oleh Dian Sasmita (Koordinator Sahabat Kapas)

Penyuka panda, pantai dan percakapan. Selalu ingin membuat terobosan menarik dan kreatif dalam pekerjaan dan kehidupan sehari- hari. Mantra mujarab: Things get tough and shi*s happen, but you’ll survive.