Exemple

Dalam menunaikan salah satu agenda kunjungan sebagai Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Kekerasan Terhadap Anak ke kota Surakarta, Marta Santos Pais mengunjungi anak- anak di Rutan Surakarta. Kunjungan yang berlangsung pada hari Selasa (28/2) pukul 11.00 hingga 12.00 WIB ini bertujuan untuk melihat dan mendengar langsung tentang usaha dan kemajuan- kemajuan yang dicapai Kemenhunkam dalam penanganan ABH khusunya di Rutan Surakarta. Kunjungan Marta Santos Pais ini membawa rombongan pemerhati anak antara lain UNICEF Indonesia, Kemenhunkam, Deputi Kementerian Koordinator PMK, DPPPA DALDUK KB Jateng, Pemkot Surakarta dan LSM Sahabat Kapas.

Selain berdikusi bersama bersama dengan Kepala Rutan Surakarta, dalam kesempatan tersebut Marta Santos Pais juga mengunjungi blok anak. Sahabat Kapas sebagai LSM yang mendampingi anak di Rutan Surakarta menyambut kedatangan rombongan di tengah- tengah aktivitas pendampingan bersama anak dan petugas Rutan. Selama interaksi berlangsung, Utusan Khusus Sekjen PBB untuk Kekerasan Terhadap Anak ini banyak bertanya tentang kegiatan pendampingan dan pembinaan kepada anak. Kegiatan pendampingan anak di rutan Surakarta oleh Sahabat Kapas ini didukung oleh UNICEF dan telah berjalan sejak akhir 2014. Pendampingan yang diberikan pun beragam mulai dari konseling, pengembangan diri hingga pelatihan ketrampilan. Selain tentang pendampingan, topik tentang keluarga, pendidikan, hobi hingga isu perundungan (bullying) juga mewarnai percakapan yang berlangsung antara anak dan anggota rombongan. Dalam kesempatan tersebut, rombongan juga disuguhi display karya kreatif anak seperti kerajinan koran, lukisan, dan mading anak.

Berkarir puluhan tahun dalam bidang perlindungan anak, Marta Santos Pais mempunyai kepedulian yang sangat besar terhadap penjagaan identitas anak. Keberpihakannya terhadap anak juga terlihat dari empati yang ia berikan dalam membesarkan hati dan semangat anak. Selain tanpa sungkan memuji karya anak, perempuan asal Portugal ini juga memberikan apresiasi kepada petugas dan pendamping anak yang telah memberikan usaha terbaik untuk perlindungan anak.

Sebagai kenang- kenangan, anak- anak menyerahkan bingkisan kaos “Wong Kece Ora Kece” produksi Sahabat Kapas dalam kampanye #EndBulyying untuk Utusan Sekjen PBB dan perwakilan rombongan. Di akhir kegiatan, sebagai salam perpisahan Marta menyampaikan harapan dan doanya kepada anak- anak yang berada di Rutan Surakarta, “I wish you a happy day and happy future.”

 

 

Penyuka panda, pantai dan percakapan. Selalu ingin membuat terobosan menarik dan kreatif dalam pekerjaan dan kehidupan sehari- hari. Mantra mujarab: Things get tough and shi*s happen, but you’ll survive.