lorem ipsum

Lorem ipsum dolores sir amet Lorem ipsum dolores sir amet Lorem ipsum dolores sir amet Lorem ipsum dolores sir amet Lorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir ametLorem ipsum dolores sir amet

Apa itu Sahabat Kapas

Sahabat Kapas adalah organisasi non-pemerintah dan non-profit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah.

Apa yang kami lakukan

Melayani layanan psikologis, pengembangan diri, pelatihan keterampilan dan dukungan reintegrasi Anak Berhadapan Hukum (ABH).

Berkontribusi bersama Kapas

Kami selalu mencari rekan pendukung yang terinspirasi dari kegiatan Kapas dan ingin mengajak berkerja sama dengan kami.

Ayo Donasi

Dukung kegiatan kami dengan cara berdonasi. Untuk setiap jalan menuju kebaikan akan selalu ada orang yang memberi dukungan.

Apa yang kami lakukan?

Layanan yang diberikan meliputi layanan psikologis, pengembangan diri, pelatihan keterampilan dan dukungan reintegrasi kepada Anak Berhadapan Hukum (ABH) di wilayah eks-karisidenan Surakarta, Lapas Klas IIB Klaten, Rutan Klas I Surakarta, LPKA Klas I Kutoarjo dan Rutan Klas IIB Wonogiri.

Tentang kami

Sahabat Kapas adalah organisasi non-pemerintah dan non-profit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah. Organisasi yang didirikan Agustus 2009 ini, semula bernama Kapas yang dibangun, dikelola, dan digerakkan oleh pribadi-pribadi yang mempunyai keperdulian dan keprihatinan (care & concern) kepada Anak-anak dalam Kondisi Khusus dan Rentan (AKKR).



Pendampingan anak Rutan/Lapas/LPKA

Sahabat Kapas memberikan layanan pendampingan langsung untuk AKH di empat lokasi yakni Rutan Solo, Rutan Wonogiri, Lapas Klaten dan LPKA Kutoarjo. Selain melayani anak yang berada di dalam Rutan/Lapas/ LPKA, Sahabat Kapas juga memberikan pendampingan psikososial kepada anak diluar yang berkonflik dengan hukum baik korban maupun saksi.

Program #OnJail

Program fundrising sekaligus merk produk yang yang dikelola oleh Sahabat Kapas dalam upaya meningkatkan layanan pendampingan dalam bentuk konsep wirausaha sekaligus mengkampanyekan isu anak melalui produk kreatif. Program ini membawahi program #GerobakOnJail serta produk OnJail seperti kaos, mug, pouch, tempat pensil dan produk kreatif lainnya. Semua hasil penjualan produk #OnJail digunakan untuk mendukung program pendampingan ana

Program Reintegrasi 

Program reintegrasi merupaka kegiatan pendampingan yang dilakukan saat anak mendekati bebas dan paska bebas. Pendampingan difokuskan pada penyiapan keluarga dan lingungan serta memfasilitasi anak agar bisa mengakses layanan pendidikan, pelatihan, dan kesempatan kerja yang baik.

Program Promosi Hak Anak

Diskusi Selapanan; Diskusi yang dilakukan sekali dalam 35 hari dengan topik beragam tentang kehidupan anak/remaja dan kompleksitasnya. Sekolah Warga; Program peningkatan kapasitas PPT di 10 kelurahan di Surakarta tentang penanganan ABH yang berbasis masyarakat. Sosialisasi Anti-Kekerasan; Sosialisasi kepada masyarakat umum dengan tema besar Anti Kekerasan Terhadap Anak. Kampanye Hak Anak; Program edukasi tentang hak anak kepada publik melalui media sosial, pameran umum maupun terjun ke masyarakat.