Exemple

 Bagi (sebagian) anak, membaca buku adalah sebuah momok. Malas untuk mengikuti huruf-huruf yang teruntai menjadi kalimat. Namun,  bagi anak-anak di dalam Lapas buku bacan menjadi surga untuk mengenal dunia luar. Peristiwa diluar tembok tinggi penjara. Mengenang kembali pelajaran semasa di bangku sekolah, membangkitkan cita &  motivasi untuk berkarya.

Bagi anak di dalam Lapas, buku bukan barang murah. Untuk mendapatkan bacaan yang anak sukai, mereka harus mengerjakan pesanan sablon dulu. Sebagaian keuntungan dimanfaatkan membeli komik kesukaannya. Menghibur malam menjelang tidur atau sekedar teman di waktu luang.

banyak sekali buku-bukunya

banyak sekali buku-bukunya

Kini, pojok baca mereka dipenuhi tumpukan kardus berisi buku, pasca penayangan #Onjail di KickAndy-Metrotv. Pertama datang dua ratus buku dari KICKANDY FOUNDATION, sebagai bentuk dukungan peningkatan kreatifitas mereka. Kedua datang dari Perpustakaan Nasional di Jakarta 1.000 buku. Berasa masuk ke sebuah pabrik buku, 1.200 buku baru dengan beragam judul ada disana. Mulai dari ensiklopedi lengkap, motivasi, pengetahuan, keagamaan, novel, bahkan dongeng pun ada. Kami (relawan SahabatKapas) pun tak sabar mendaftarkan diri sebagai anggota pojok baca di Lapas Kelas II Klaten.

sampul menyampul :)

sampul menyampul 🙂

Kakak Dedik menemani menyampul buku

Kakak Dedik menemani menyampul buku

Perpustakaan Lapas Klaten-07

Surga Buku 🙂

Awal Desember 2013 lalu, teman-teman dari UMS dan UII Jogja yang tergabung dalam gerakan #GalangBuku dan #BengkelKertas datang membawa berkardus-kardus buku. Beragam bacaan diboyong untuk anak-anak di Lapas. Mereka Donasi buku adalah langkah awal membangun kepedulian mahasiswa kepada adik-adiknya yang berada di dalam sel penjara. Memilah buku, kemudian menyampuli dengan plastik menjadi kegiatan bersama di pojok baca. Sembari bercanda dan bertukar cerita tentang isi buku yang menarik.

#BengkelKertas dan #GalangBuku
foto bersama dengan teman-teman media

Teman-teman #GalangBuku dan #BengkelKertas

Kebiasaan membaca buku harus dibangun secara bertahap. Tak bisa dipaksakan dengan tiba-tiba kepada anak yang sebelumnya tidak pernah bersentuhan dengan buku. Di awali dengan menyampuli buku, membawa buku ke kamar, hingga diskusi tentang buku yang mereka baca. Bahkan Pak Julianto (Ka.Lapas Klaten) menyampaikan rencananya untuk membuat hari buku sekali dalam seminggu untuk seluruh warga Lapas, petugas dan warga binaan. Ide keren!!

pengarahan dari Ka.Lapas Kelas II Klaten

pengarahan dari Ka.Lapas Kelas II Klaten

Yuks mari dukung kegiatan membaca anak-anak di Lapas. Tak hanya di Lapas Klaten saja, Lapas-Lapas lainnya pun ada anak yang (pastinya) membutuhkan bacaan. Mereka perlu dukungan kita untuk menghasilkan karya kreatif dan menggapai masa depan lebih semangat. Kreatifitas tidak jatuh dari langit, tapi dapat hadir lewat bahan bacaan yang berkualitas.

Selamat membaca buku J

-diansasmita-

Sahabat Kapas adalah organisasi nonpemerintah dan nonprofit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah.