Sahabat Kapas

Join with us

Siapa kami?

Sahabat Kapas adalah organisasi non-pemerintah dan non-profit, yang berkedudukan di Karanganyar, Jawa Tengah. Organisasi yang didirikan Agustus 2009 ini, semula bernama Kapas yang dibangun, dikelola, dan digerakkan oleh pribadi-pribadi yang mempunyai keperdulian dan keprihatinan (care & concern) kepada Anak-anak dalam Kondisi Khusus dan Rentan (AKKR).

Sahabat Kapas telah berbentuk badan hukum, yaitu Yayasan Sahabat Kapas pada tanggal 13 Juli 2010 dengan pengesahan Menteri Kehakiman & HAM No. AHU-367.AH.01.04.TAHUN 2010 tanggal 27 Agustus 2010. Pengurus dan pegiat Sahabat Kapas terdiri dari orang-orang yang sensitif terhadap kebutuhan anak yang untuk sementara waktu terpaksa menghuni Lapas/Rutan/LPKA akibat melakukan pelanggaran hukum.

Apa Visi dan Misi Kami?

Visi

Terpenuhinya hak AKKR baik di dalam/di luar penjara, yang berperspektif anak dan jender, sehingga terwujud anak yang berkepribadian positif, mandiri dan percaya diri.

Misi

  • Menjalankan kajian kritis atas situasi dan kebijakan pengelolaan AKKR.
  • Melakukan kegiatan pendampingan dan pelayanan hukum bagi AKKR.
  • Melakukan pendidikan kritis, life skill dan penyuluhan bagi anak untuk meningkatkan kecerdasan dan pengembangan kepribadian sesuai bakat dan minat, penyadaran orang tua/wali dan pemangku kepentingan, yang menjamin pemenuhan kebutuhan dan hak AKKR.
  • Membangun wadah/organisasi anak bagi keberlangsungan pendidikan, pekerjaan dan kehidupan AKKR.
  • Menjalankan strategi integrasi sosial dan komunikasi antar pihak (anak, orang tua/wali dan pemangku kepentingan) yang menjamin kemandirian dan keberlangsungan AKKR.
  • Menjalankan promosi dan kampanye kritis dalam berbagai bentuk bagi perubahan kebijakan pemenuhan hak AKKR.
  • Menggalang kerjasama dengan orgnasasi masyarakat, pemerintah dan sektor privat untuk mendukung kebutuhan dan kemandirian kehidupan AKKR.
  • Menjalankan sistem pengelolaan data base dan informasi bagi AKKR serta organisasi.

Layanan yang diberikan meliputi layanan psikologis, pengembangan diri, pelatihan keterampilan dan dukungan reintegrasi kepada Anak Berhadapan Hukum (ABH) di wilayah eks-karisidenan Surakarta, Lapas Klas IIB Klaten, Rutan Klas I Surakarta, LPKA Klas I Kutoarjo dan Rutan Klas IIB Wonogiri.

Sejak tahun 2013, layanan mulai berkembang ke tindakan pencegahan dengan promosi hak anak kepada masyarakat baik dewasa maupun anak. Selain memberikan layanan langsung dan mengupayakan tindakan pencegahan, Sahabat Kapas turut berpartisipasi aktif dalam membangun sistem yang ramah anak melalui kebijakan di tingkat kota, provinsi maupun nasional.

Data per-Juni 2016, Sahabat Kapas telah melayani 224 anak dengan rincian 219 anak laki-laki dan 5 anak perempuan di Lapas Klaten, Rutan Surakarta dan LPKA Kutoarjo. Sahabat Kapas juga mendampingi 111 ABH di luar Lapas/Rutan/LPKA dengan rincian 94 anak laki-laki dan 17 anak perempuan.